MENGENAL SISTEM INFORMASI DESA

PEMDES NGUMBUL 17 November 2017 03:45:48 WIB

ngumbul.kabpacitan.id-Sistem Informasi Desa (SID) merupakan seperangkat alat dan metode pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya berbasis komunitas ditingkat desa. Pengelolaan SID berpegang pada prinsip partisipatif, transparan, akuntabel, inklusif, dan berkelanjutan. SID menjadi sarana untuk mengelola data penduduk, data potensi desa, serta informasi publik desa.
Manfaat SID antara lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, keterbukaan informasi publik, perencanaan dan pembangunan ditingkat desa, perencanaan dan pembangunan ditingkat kabupaten/kawasan, serta pengelolaan sumber daya desa secara mandiri oleh komunitas/warga desa. Proses pemanfaatan SID di tingkat desa dapat dikelola oleh pemerintah desa bersama para pihak yang bergiat di desannya, termasuk lembaga swadaya masyarakat, akademisi, dunia usaha dan sebagainnya.
Inisiatif pengembangan , penerapan dan pemanfaaatan SID dikoordinasikan oleh pemerintah kabupaten sesaui mandat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. (frend/admin)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

N-Radio

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Lokasi Ngumbul

tampilkan dalam peta lebih besar