MENGGALI SEKTOR PETERNAKAN

PEMDES NGUMBUL 02 Maret 2018 12:03:19 WIB

ngumbul.kabpacitan.id-Bidang peternakan juga menjadi salah satu bidang pekerjaan utama bagi warga Desa Ngumbul di samping bidang pertanian. Bidang peternakan mempunyai potensi yang cukup besar untuk dapat dikembangkan secara bersamaan dengan bidang pertanian sebagai jalan dalam melakukan pembangunan ekonomi di Desa Ngumbul. Lebih dari sepertiga dari keseluruhan penduduk Desa Ngumbul mempunyai hewan peliharaan berupa sapi, domba, kambing dan ayam pedaging.  
Peternakan di Desa Ngumbul menjadi salah satu komponen aktivitas ekonomi masyarakat. Di sini, rata-rata setiap keluarga setidaknya memiliki salah satu jenis ternak yang mereka kembang biakkan, baik itu ayam, domba, kambing maupun sapi. Peternakan menjadi salah satu sumber penghidupan warga desa Ngumbul yang cukup besar menyokong kebutuhan ekonomi warganya selain dari perkebunan cengkeh dan kelapa. Bahkan dalam rutinitas warga Ngumbul sendiri pada pagi hari, selain pergi ke ladang, warga juga pergi untuk memberi pakan ternak-ternak mereka.
Hampir semua sapi yang diternakan di Desa Ngumbul berupa sapi jenis pedaging. Setiap hari, setidaknya ada 3-5 ekor sapi yang diangkut untuk dijual ke luar daerah Desa Ngumbul. Teknik peternakan yang digunakan warga Desa Ngumbul pun terbilang masih tradisional. Contohnya dalam hal pemberian pakan, pakan yang diberikanpun hanya berupa rumput-rumput segar yang dapat warga temukan di sekitar desa tanpa ada tambahan bahan pakan apapun seperti pakan buatan maupun suplemen makanan ternak. Hampir disetiap rumah yang memiliki ternak entah itu sapi atau kambing selalu memiliki lumbung pakan yang dibudidayakan diladang mereka.
Tidak hanya sapi, hewan ternak lain seperti domba dan kambing juga menjadi salah satu komoditas peternakan yang cukup banyak diternakan di desa Ngumbul ini. Sapi, domba dan kambing ini dipelihara dengan cara dikandangkan dan jarang sekali digembalakan secara lepas.
Tidak hanya memanfaatkan ternak itu sendiri sebagai barang komoditas, kelompok tani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) juga memanfaatkan kotoran-kotoran ternak mereka untuk diolah menjadi bahan pembuatan pupuk kompos. Dengan ini dapat terlihat bahwa hadirnya kelompok tani dapat memberikan manfaat tambahan bagi pemberdayaan hewan ternak sebagai salah satu sumber daya. Selain dengan cara pengelolaannya yang lebih terstruktur, juga memaksimalkan manfaat yang dapat diambil selain dari penjualan ternak itu sendiri.
Besarnya potensi yang dimiliki oleh Desa Ngumbul dibidang peternakan inilah yang akan menjadi dasar dalam pengembangan perekonomian. Dasar-dasar peternakan yang sudah ada akan dikembangkan lagi supaya tercipta suatu kemajuan perekonomian yang disebabkan oleh perkembangan bidang peternakan. (admin)

Komentar atas MENGGALI SEKTOR PETERNAKAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS (GPR)

PROFIL DESA NGUMBUL

E-PAPER SID

Majalah DesaKu

VIDEO LIERASI DIGITAL

BPBD PACITAN

LINK PPID

WEBSITE KIM PENA

Lokasi Ngumbul

tampilkan dalam peta lebih besar