Komisi Informasi Jatim Visitasi PPID Desa Ngumbul

PEMDES NGUMBUL 16 Oktober 2019 04:08:08 WIB

ngumbul.kabpacitan.id-Menjelang Agenda Monitoring dan Evaluasi (Monev) Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur melaksanakan visitasi ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Selasa (15/10).
Dalam Keterangannya, Komesioner Komisi Informasi Jawa Timur  Ahmad Nur Aminudin mengatakan, visitasi ini maksudkan untuk memantau langsung seluruh kegiatan yang berkaitan dengan keterbukaan informasi, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.
Pria yang akrap disapa Amin beserta dua stafnya tampak fokus mendengar berbagai hal yang dipresentasikan di Ruang PPID. "Saya kaget ternyata didesa terpencil seperti Ngumbul ini akses internet sudah bisa dimanfaatkan untuk akses informasi dan pelayanan publik, kita tidak menyangka," ujarnya.
Pihaknya juga mengapresiasi upaya pemerintah desa untuk menggandeng Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk melakukan sinergi dalam penyebaran informasi. "Semoga langkah yang dilakukan pemerintah desa Ngumbul ini bisa ditiru desa-desa yang lain, ada sinergi antar lembaga ataupun komunitas ditingkat desa, sehingga harapan terciptannya keterbukaan informasi bisa wujudkan," imbuhnya.
Sebelum kegiatan di desa Ngumbul, rombongan Komisi Informasi juga melakukan visitasi di Diskominfo Pacitan. Dalam kesempatan tersebut, Amin menyimpulkan bahwa keterbukaan informasi di Kabupaten Pacitan sudah cukup baik dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Salah satu diantaranya yakni perencanaan yang langsung terintegrasi dengan aset. “Yang lain juga sangat lengkap mulai aduan sampai dasbord,” kata Amin.
Tidak cukup sampai di situ, Ahmad beserta tim juga mendapat penjelasan mengenai berbagai sosial media yang disuguhkan pemerintah Pacitan kepada khalayak, mulai Instagram @pemkabpacitan, Facebook Pemkab Pacitan, twitter @pemkabpacitan, Youtube Pemkab Pacitan dan Website pacitankab.go.id serta kominfo.pacitankab.go.id yang semua itu terintegrasi dengan bakohumas.jatimprov.go.id.
Komitmen kepala daerah untuk selalu responsif terhadap aduan yang dilayangkan oleh masyarakat juga menjadi poin tambahan, membuat Ahmad cukup mengaprsiasi kerja Diskominfo Pacitan melalui akun resmi Wadule Pacitan, yang bisa diakses dengan komputer dan smartphone.
Pihaknya juga menjelaskan bahwa capaian tersebut dapat sempurna tatkala semua itu dapat terintegrasi dengan pemerintahan di bawahnya, baik tingkat kecamatan dan desa yang ada di Pacitan. karena di tingkatan itu berbagai informasi khususnya yang vital seperti info cuaca atau bahkan bencana dapat segera terbagi kepada masyarakat sebagai peringatan.
Masih dalam tujuan yang sama, rombongan tim juga menyempatkan diri mengunjungi Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku . (admin/timDiskominfoPacitan).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

SISITIM INFORMASI KABUPATEN

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS (GPR)

PROFIL DESA NGUMBUL

E-PAPER SID

Majalah DesaKu

VIDEO LIERASI DIGITAL

BPBD PACITAN

LINK PPID

WEBSITE KIM PENA

Lokasi Ngumbul

tampilkan dalam peta lebih besar