Kunjungi Ngumbul, Dinas PMD Trenggalek Studi Referensi Sistem Informasi Desa

PEMDES NGUMBUL 26 Desember 2019 09:51:51 WIB

ngumbul.kabpacitan.id-Pondasi penerapan Sistem Informasi Desa (SID) telah diamanatkan dalam UU 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dimana, pemerintah daerah wajib mengembangkan sistem informasi desa dan pembangunan kawasan perdesaan. Namun semangat itu tentu hanya akan berujung pada eforia belaka bila tidak diikuti kesadaran bersama akan kebermanfaatannya bagi peningkatan pelayanan publik. Hal itu mengemuka saat Dinas PMD Kabupaten Trenggalek bersama Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek, TP3D, dan Operator SID dari 10 Desa dari Kabupaten Trenggalek.  mengadakan Studi Referensi SID ke Desa Ngumbul Kec. Tulakan Kab. Pacitan.  
"Penerapan SID di desa Ngumbul ini awalnnya muncul dari inisiasi antara masyarakat dan Pemerintah desa, disatu sisi masyarakat sangat membutuhkan informasi dan pelayanan yang cepat, sementara pemerintah desa sendiri juga membutuhkan adannya kelengkapan data, baik data kependudukan maupun data administrasi yang lain," ungkap Sukatwan, Pj Kepala Desa Ngumbul saat menyambut rombongan Studi Referensi SID Dinas PMD Kabupaten Trenggalek di balai Desa Ngumbul, Kamis (19/12/2019).
Lebih jauh Sukatwan mengatakan, faktor kebutuhan masyarakatlah yang menjadi kunci. Saat warga akhirnya sadar pentingnya pengelolaan informasi dan data desa, baik untuk pelayanan maupun database desa. "Ketika faktor kebutuhan itu muncul tentunya warga juga merasa memiliki sehingga perangkat baik software dan hardwarenya mudah dibangun.  Ada kesepahaman, ada harapan dan tujuan yang sama," tukasnnya.
Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Pembangunan Dinas PMD Trenggalek N.Adib Mashuri mengaku sangat terkesan dengan penyambutan rombongan di desa Ngumbul. Diakui, banyak referensi yang bisa diimplementasikan dan ditiru  bagi pengembangan SID di Trenggalek. "Secara geografis wilayah Pacitan dan Trenggalek itu hampir sama, kenapa kita memilih desa Ngumbul karena   Desa Ngumbul telah terbukti memiliki banyak capaian membanggakan dengan berhasilnya menyabet penghargaan utamannya terkait pengelolaan dan pengembangan SID," ujarnya.
Lebih jauh N.Adib Mashuri mengungkapkan, sejauh ini beberapa desa di wilayahnya sudah online namun masih belum sepenuhnya memanfaatkan SID sebagai bagian dari pelayanan publik.  "Kalau di Pacitan sudah ada Perbub SID nya, kita belum, kita harapkan kegiatan ini nantinya bisa memberikan masukan agar segera dirancang Perbub SID di trenggalek, saat ini masih terus kita lakukan penguatan SDM-nya utamanya bagi operator desa," tandasnnya.
Kegiatan sehari ini juga dihadiri perwakilan Dinas PMD Kabupaten Pacitan beserta Kordinator Pendamping Desa, perwakilan KIM Pena beserta perangkat desa Ngumbul.(admin)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

SISITIM INFORMASI KABUPATEN

SI PEMANDU DESA

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS (GPR)

PROFIL DESA NGUMBUL

E-PAPER SID

Majalah DesaKu

VIDEO LIERASI DIGITAL

BPBD PACITAN

LINK PPID

WEBSITE KIM PENA

Lokasi Ngumbul

tampilkan dalam peta lebih besar