Desa Selaraskan Perencanaan Pembangunan

PEMDES NGUMBUL 07 Januari 2020 06:40:44 WIB

PELANTIKAN : Kepala Desa Ngumbul Tumardi foto bersama Bupati Pacitan Indartato dan Ketua TP PKK Kabupaten Luki Indartato usai Pelantikan kepala desa di Pendopo Kabupaten Pacitan, Senin,6/1/2020. (foto: dok humas Pacitan)

ngumbul.kabpacitan.id-113 kepala desa (Kades) terpilih dalam pemilihan kepala desa serentak 2019 lalu, resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Pendopo kabupaten oleh Bupati Pacitan Indartato. Sesuai surat keputusan Bupati nomor 188.45/1748-1860/KPTS/408.12/2019 kepala desa terlantik terdiri dari 8 Kades wilayah Kecamatan Donorojo, 7 Kades, masing masing wilayah Kecamatan Pringkuku dan Punung, 9 Kades wilayah Kecamatan Pacitan dan 17 Kades wilayah Kecamatan Kebonagung. 9 Kades dari wilayah Kecamatan Arjosari, 8 Kades wilayah Kecamatan Nawangan, 4 Kades wilayah Kecamatan Bandar, 10 Kades Wilayah Kecamatan Tegalombo. 13 Kades Wilayah Kecamatan Tulakan, 12 Kades wilayah Kecamatan Ngadirojo serta 9 Kades dari Kecamatan Sudimoro.
Dalam arahanya Bupati Pacitan Indartato menekankan, Kepala desa harus memperhatikan arah kebijakan pemerintahan yang lebih atas. Apa yang sudah digariskan pemerintah pusat pemerintah desa dapat menjabarkanya. Semuanya harus berkesinambungan guna mewujudkan masyarakat adil makmur dan sejahtera. “Kita ini adalah sub sistem dari sebuah sistem negara kesatuan Republik Indonesia.” kata Bupati, Senin (06/01/20). Untuk itu, Bupati Indartato minta kepada Sekretaris daerah (Sekda) dan jajaran untuk memberikan bimbingan kepada kepala desa. Terutama, saat penyusunan RPJMDes agar selaras dengan perencanaan pemerintah kabupaten. Seperti, menekan angka kemiskinan serta mendorong indeks pembangunan Manusia (IPM) agar lebih baik lagi. Fokus lain adalah meningkatkan sumber daya manusia yang handal agar berdaya saing tinggi. “ Kepala desa sekarang banyak yang sudah berpendidikan tinggi jadi lebih cepat menyesuaikan diri” pungkasnya.
Lebih lanjut Bupati mengingatkan kepala desa bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan tidak dapat bekerja sendiri. Namun, harus bekerja secara tim. Didesa ada perangkat desa, BPD, LKD, PKK swasta serta masyarakat. Kepala desa wajib memiliki watak “menep” yakni bekerja dengan ikhlas meski mungkin banyak cobaan yang harus dihadapi. Tidak gampang marah serta rendah hati.
Pada kesempatan sama juga dilantik tim penggerak PKK desa oleh ketua tim pengerak PKK Kabupaten Ny. Luki Indartato. (admin/humas pacitan)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

SISITIM INFORMASI KABUPATEN

SI PEMANDU DESA

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS (GPR)

PROFIL DESA NGUMBUL

E-PAPER SID

Majalah DesaKu

VIDEO LIERASI DIGITAL

BPBD PACITAN

LINK PPID

WEBSITE KIM PENA

Lokasi Ngumbul

tampilkan dalam peta lebih besar