ADD Tak Bisa Naik, Pemkab Pacitan Bakal Mengkaji Ulang

PEMDES NGUMBUL, 14 Maret 2019 12:56:01 WIB

ngumbul.kabpacitan.id-Harapan sejumlah kepala desa di Pacitan untuk menambah anggaran dana desa (ADD) seiring terbitnya PP 11/19 nampaknya masih menemui jalan buntu. Pasalnya, alokasi ADD didasarkan pada beberapa indikator penentu.
Hal ini disampaikan Sanyoto, Kepala Bapemas dan Pemdes. Ia menjelaskan kebijakan atas PP tersebut merupakan bentuk penyesuaian terhadap penghasilan tetap (siltap) perangkat desa yang disetarakan dengan gaji PNS ruang/golongan IIA. Sehingga, hal itu tidak ada keterkaitannya dengan indikator alokasi ADD.
Ia mengimbau agar pemerintah desa tak perlu berkecil hati. Sebab pemkab akan mengkaji proporsi ADD agar siltap perangkat desa terpenuhi dan pembangunan infrastruktur di setiap desa tidak mengalami kendala.
"Siltap sebagaimana ketentuan PP 11/19 diambilkan dari dana desa (DD) sebesar 5 persen. Tentu untuk ADD besar kemungkinan akan bisa dikaji soal proporsi penganggarannya di APBDesa," kata Sanyoto, Rabu (13/3).
Menurut ia, dengan terbitnya PP baru itu ketentuan porsi penganggaran 30 persen untuk siltap dan operasional desa serta 70 persen untuk belanja infrastruktur, dapat dikesampingkan.
"Nah celah ini yang akan bisa dimanfaatkan untuk mengkaji soal proporsi penganggaran yang bersumber dari ADD. DD saja bisa dimanfaatkan sebesar 5 persen untuk siltap, kenapa ADD tidak? Namun sekali lagi persoalan ini masih kita kaji dengan Bappeda dan BP2KD," jelasnya.
Kepala BP2KD Pacitan Heru Sukresno juga memberikan pernyataan senada. Ia menyatakan akan duduk bersama lintas sektor guna mengkaji kembali soal proporsi penganggaran ADD seiring terbitnya PP 11/19 tersebut.
"Kita masih akan kaji dulu dengan beberapa OPD terkait dan juga FKKD soal kebijakan penerapan proporsi ADD di APBDesa," tuturnya secara terpisah.
Hal senada disampaikan Putatmo Sukandar, Kabag Administrasi Pemerintahan dan Kerja Sama Setkab Pacitan. Pihaknya akan duduk bersama dengan lintas stakeholder guna merumuskan dan mengkaji kembali soal proporsi ADD. Seperti Bappemas dan Pemdes, Bappeda, BP2KD, Bagian Hukum, serta Bagian Pemerintahan, akan dilibatkan dalam mengkaji persoalan tersebut.
"Mungkin secepatnya hal tersebut akan segera kami kaji dengan melibatkan sejumlah stakeholder terkait. Kami harapkan, semua pemdes tetap tenang menunggu hasil kajian nantinya," tegas dia. (admin/bangsaonline)

Artikel Terkini

  • Berharap Siswa SMK Kantongi Sertifikat Keahlian BDI

    11 April 2018 11:54:41 WIB PEMDES NGUMBUL
    Berharap Siswa SMK Kantongi Sertifikat Keahlian BDI
    ngumbul.kabpacitan.id-Bupati Pacitan Indartato menginginkan agar para siswa SMK di Kabupaten Pacitan memiliki sertifikat kompetensi. Agar dapat bersaing didunia kerja. Tidak hanya skala lokal dan regional. Tetapi juga nasional, dan bahkan internasional. “Kedepan saya berharap semua siswa SMK d... ..selengkapnya

  • Pelatihan Penguatan Kapasitas, Dorong BPD Pahami Peran dan Fungsinya

    19 Maret 2018 12:31:29 WIB PEMDES NGUMBUL
    Pelatihan Penguatan Kapasitas, Dorong BPD Pahami Peran dan Fungsinya
    PAPARAN: Ketua BPD Desa Ngumbul Primana Agung Nugroho saat memberikan presentasi dalam kegiatan pelatihan penguatan BPD dalam mendorong Tata Kelola pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif dan responsif yang diselenggarakan oleh  Koalisi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejaht... ..selengkapnya

  • Uji Fungsi dan Serah terima Program Pansimas

    19 Maret 2018 00:49:35 WIB PEMDES NGUMBUL
    Uji Fungsi dan Serah terima Program Pansimas
    ngumbul.kabpacitan.id- Pelaksanaan Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pansimas) III tahun anggaran 2017 di desa Ngumbul memasuki Uji fungsi dan serah terima Program.Serah terima aset dan Pengelolaan Program Pansimas ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada Kepala Desa... ..selengkapnya

  • Permudah Penyampaian Aspirasi Masyarakat, Pemkab Luncurkan Aplikasi “Wadule Pacitan”

    14 Maret 2018 19:31:20 WIB PEMDES NGUMBUL
     Permudah Penyampaian Aspirasi Masyarakat, Pemkab Luncurkan Aplikasi “Wadule Pacitan”
    PELUNCURAN WADULE PACITAN: Bupati Pacitan Indartato didampingi Ketua DPRD, Dandim 0801, Kapolres, Ketua Pengadilan Agama dan Perwakilan KOMPAK menekan tombol tanda Peluncuran Aplikasi Wadule Pacitan.ngumbul.kabpacitan.id-Pemerintah Kabupaten Pacitan kini membuka ruang lebar bagi masyarakat untuk men... ..selengkapnya

  • MENJAGA TRADISI PUPUTAN

    12 Maret 2018 01:07:35 WIB PEMDES NGUMBUL
    MENJAGA TRADISI PUPUTAN
    ngumbul.kabpacitan.id- Bagi masyarakat Jawa, utamanya masyarakat Desa Ngumbul, kelahiran bayi adalah hal yang sakral sehingga sebaiknya diadakan upacara adat untuk menyambutnya. Setidaknya, ada dua upacara adat yang akan dilakukan yakni puputan dan selapanan. Kapankah upacara ini dilakukan?Upacara p... ..selengkapnya

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS (GPR)

PROFIL DESA NGUMBUL

E-PAPER SID

Majalah DesaKu

VIDEO LIERASI DIGITAL

BPBD PACITAN

LINK PPID

WEBSITE KIM PENA

Lokasi Ngumbul

tampilkan dalam peta lebih besar