Pelatihan Penerapan TTG Bidang Pertanian Dan Pembagian Bibit Padi Desa Ngumbul

PEMDES NGUMBUL 13 Juni 2022 12:02:47 WIB

Sekitar 35,15 % Penduduk Desa Ngumbul Bekerja Sebagai Petani, dan sebagian besar dari mereka mengelola lahan persawahan, Untuk itu Petani harus berusaha meningkatkan produktifitas pertaniannya. Upaya peningkatan produksi pertanian salah satunya pemulihan kemampuan produktivitas atau kemampuan dalam mengolah lahannya. Dalam hal ini Pemerintah Desa Ngumbul memberikan dorongan kepada para petani dengan mengadakan Pelatihan Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) Bidang Pertanian serta Pemberian Bibit Padi mapan.

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) Bidang Pertanian serta Pemberian Bibit Padi mapan di Desa Ngumbul selama 3 hari yaitu mulai hari selasa, 07 juni – kamis, 09 juni 2022. Kegiatan tersebut di hadiri oleh para perwakilan petani di Desa Ngumbul, serta menghadirkan pemateri dari PPL Pertanian Kecamtan dan Dinas Ketahanan Pangan (DKPP) dan Pertanian Kabupaten Pacitan.

Kegiatan Pelatihan Penerapan TTG ini berfokus pada pengolahan lahan persawahan terutama proses penanaman padi. Dimana tujuan pelatihan ini yaitu petani dapat mengolah lahan secara modern serta cara memilih dan menanam padi dengn benar. Bibit padi yang diberikan yaitu Mapan P.05 dengan tujuan hasil panen yang lebih tinggi dan jarang terkena hama penyakit.

Bapak Sujono dari DKPP menjelaskan terkait isu – isu terkini serta moderenisasi tentang bidang pertanian mauapun bidang lainnya terkait ketahan pangan. Ibu Endang dari DKPP menjelaskan terkait pengolahan lahan sawah dan penanaman bibit padi dengan menerapkan TTG.

“mohon kepada Bapak dan Ibu dari Dinas untuk memaparkan terkait penerapan TTG agar dapat produktivitas petani meningkat, serta dapat memulihkan perekonomian yang disebabkan oleh pandemic Covid – 19”, Ujar Sekdes.

“Nanti akan diadakan tanya jawab terkait keluhan para petani pada bidang pertanian, dan semoga kegiatan ini para petani dapat memetik ilmu yang bermanfaat serta apa yang di keluhkan selama ini dapat teratasi”, imbuhnya.

Pak Slamet (PPL Kecamatan) mengatakan bahwa “Luas lahan persawahan di Desa Ngumbul ± 159 Hektar selain itu komoditas lain dari petani di antaranya kopi, empon – empon, dll. Maka dari itu kegiatan seperti ini sangat cocok di laksanakan di Desa Ngumbul”.

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

LAYANAN INFORMASI

SISTIM INFORMASI KABUPATEN

SI PEMANDU DESA

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS (GPR)

PROFIL DESA NGUMBUL

E-PAPER SID

E-PAPER MAJALAH DESA

VIDEO LIERASI DIGITAL

BPBD PACITAN

LINK PPID

WEBSITE KIM PENA

Lokasi Ngumbul

tampilkan dalam peta lebih besar